Pengertian dan perbedan surat makkiyah dan madaniyah

Jadi, ada ayat-ayat atau surah surah yang diturunkan sebelum nabi hijrah, ada ayat atau surah surah yang diturunkan setelah nabi hijrah. Kalau ayat atau surah tersebut diturunkan sebelum nabi hijrah ke madinah, maka ayatnya, surahnya disebut dengan Makkiyah. Pernah dengar istilah Makiyyah ya? Ini istilah yang tepat, Makiyyah itu surah surah atau ayat yang diturunkan sebelum nabi hijrah, bukan yang turun di mekkah, karena nanti ada pendapat surah yang turun di mekkah disbeut makiyah. Belum tentu, karena nanti ada surah yang turun di Mekkah tapi setelah nabi hijrah.

Jadi, nabi hijrah ke madinah, kemudian beliau pergi ke mekkah, dalam haji wadhanya turun surah, turun ayat, itu tetap disebut madaniyah bukan makkiyah, karena turun setlah nabi hijrah.

Adapun surah-surah dan ayat yang turun setelah nabi SAW hijrah ke Madinah, walaupun beliau sesekali pergi ke Mekkah dan turun saat itu di Mekkah, itu disebut dengan Madaniyah.

Ada Makkiyah, yang kedua, Madaniyah.

Jadi, kalau ibu, bapak, mendengar istilah makiyah, berarti turun sebelum nabi hijrah. Kalau mendengar madaniyah, berarti turun setelah nabi hijrah. Jadi, tidak semua suratnya kadang-kadang, tidak seutuhnya surah. Ada yang utuh turun sebelum hijrah, ada yang sebagian turun di Mekkah isinya sebagian turun di madinah, ada yang demikian.

Ustadz Adi Hidayat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *