Pengertian Aqiqah

Apakah ada kaitan antara aqiqah dengan doa? Khususnya, apakah orang yang diaqiqahkan atau tidak diaqiqahkan, apakah orang yang tidak diaqiqahkan doanya akan terhambat, dalam arti tidak dikabulkan oleh Allah SWT. Ini tidak benar karena bertentangan dengan keterangan al quran dan sunnah.

Satu tidak ada dalilnya di quran, tidak ada dalilnya di hadits, dan tidak ada kaitan khusus antara aqiqah dengan terkabulnya doa. Kalimatnya umum di sini, siapa saja, man, man itu siapapun yang meminta. Sepanjang yakin karena allah, mau sudah diaqiqahkan, mau belum karena alasan alasan yang wajar, kalau dia meminta dengan syaart-syarat ini terpenuhi, dikabulkan oleh Allah SWT.

Kaitan aqiqh bukan terkabul dengan doa. Kaitan aqiqah itu terkait dengan dua hal utama. Satu, bentuk syukur kita kepada Allah SWT. Jadi, ketika Allah berikan karunia berupa anak, yang akan dirawat sebagai amanah, kita bersyukur.

Orang minta minta belum mendapatkannya, ada yang minta laki-laki dapet perempuan, minta perempuan dapet laki-laki, minta cepat tiba-tiba lambat, minta lambat tiba-tiba cepat. Makanya ada yang berseloroh mengatakan, bedanya katanya pilkada dengan pil kb agak jauh, walaupun awal-awalnya sama. Kalau pilkada saat terpilih, ingat. Tapi kalau pil KB,
Kalau pilkada itu, jadi, lupa. Setelah dipilih lupa. Tapi kalau pil KB, lupapun jadi.

Nah, kaitannya itu satu dengan syukur. Jadi setelah Allah berikan, orang lain belum dapat, kita dapat, syukuri itu. Ada aqiqah.

Kemudian yang kedua, ini yang paling penting. Aqiqah itu dari kata aqo??? Apa itu aqo? Aqqo itu sesuatu yang dibelah, dipotong. Jadi, kalau misalnya saja pegang spidol, saya belah dua begini, dipotong, itu aqqoh? Perhatikan. Sifat anak yang durhaka kepada kedua orang tuanya, ibunya mengandung 9 bulan, menyusui, merawat dan sebagainya, sudah besar durhaka. Itu dalam fiqih akhlak, kedurhakaannya disebut dengan ukuqul walidain??? akuh ukuh itu terpotong kasih sayang kedua orang tua, seakan-akan perhatiannya dipatahkan di tengah jalan. Bukankah ibu kecewa kalau ada anak durhaka? Setelah dirawat apa dan sebagainya, tiba-tiba anak itu luar biasa berperilaku buruknya. Tiba-tiba suka refleks lisan berkata, aduh saya sudah mengandung kamu, saya sudah merawat kamu, dan sebagainya. Seakan-akan jerit payah itu terpotong. Karena itu dalam fikih disebut uququl walidain?
Nah, upaya untuk memotong sifat jelek ini supaya tidak tumbuh di kemudian hari, dalam bahasa fiqih disebut dengan aqiqah. Jadi, aqiqah itu kaitanya dengan dua hal, satu syukur, yang kedua permohonan doa kepada Allah, dengan ikhtiar ini memohon supaya sifat-sifat hewaninya itu dipotong lebih dini supaya tidak tumbuh dan mudah diarahkan di masa yang akan datang.

Ustadz Adi Hidayat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *