Inilah Keutamaan Sholat Tahajud

Keutamaan sholat tahajud telah disebutkan dalam hadits. Meskipun begitu, masih banyak orang yang tidak melaksanakan sholat tahajud. Memang susah jika belum terbiasa. Bangun di malam hari terasa berat. Jangankan bangun malam, banyak yang masih malas bangun untuk menunaikan sholat tahajud.

Sholat tahajud termasuk sholat malam yang sangat dianjurkan.  Tak mudah memang untuk membiasakan diri melaksanakan sholat tahajud. Tak ada dosa memang bila kita tidak mengerjakan sholat tahajud, karena hukumnya sunnah, bukan temasuk ke dalam sholat wajib.

Apakah untuk sholat tahajud harus tidur dulu? Kalau tahajud itu, tahajud diawali dengan tidur. Jadi Anda tidur dulu. Makanya dari kata hajada, hajada tuh tidur, baru bangun. Jadi, Anda silakan merencanakan jam berapapun Anda bangun, tidak harus jam dua, Anda jam satu bangun boleh tahajud. Boleh silakan.

Jadi, Anda tidur dulu. Bangun misalnya jam satu tahajud, misalkan. Bangun jam dua, tahajud. Tapi, kalau Anda nggak sempat tahajud misalnya, bukan nggak sempat, perasaannya berat untuk bangun malam, karena lelah. Anda bisa lakukan namanya qiyaumul lail. Jadi, setelah sholat Isya, sholat sunnah, Anda sholat dulu misalnya empat rakaat atau dua rakaat paling minimal.

Dalilnya di HR Muslim nomor hadits 749.
Sholatu laili matsna matsna.

Sholat malam itu paling minimal dua rokaat, dua rokaat.

Jadi, silakan Anda tunaikan, tutup witir paling minimal satu rokaat. Setelah itu Anda tidur.

Tiba-tiba misalnya malam bangun. Kalau Anda malam bangun, boleh Anda sholat lagi tahajud. Nggak ada masalah.

Jadi, kalau ingin tahajud, Anda harus tidur dulu. Dan pahalanya banyak. Makanya pahalanya banyak, aturannya ketat. Rahasianya ada di quran surat ke 17 ayat 79-81, posisi paling kiri dari tengah sampai dengan ke bawah.

Teman-teman, saya pesan ya, terutama pada yang ikhwan nih yang laki-laki. Kalau antum masih beraktivitas, kerja, produktif, macem-macem. Saya sarankan jangan tinggalkan tahajud. Bangun pokoknya. Allah jamin 4 hal, termasuk anak-anak biasakan ya. Saya dari kecil sudah saya biasakan. Itu satu. Ada empat hal yang Allah akan berikan pada orang yang rajin tahajud. Yang tidak diberikan pada yang tidak tahajud, sekalipun sholat fardhunya khusyuk. Anda nggak akan dapet.

Satu, …
Orang ini akan diangkat oleh Allah karirnya, ditempatkan di karir terbaik, apapun itu. Jadi, ada maqom, ada maqom mahmudah. Kalau cuma maqom saja, mungkin Anda diangkat tapi orang lain nggak suka. Kok kenapa mesti dia. Jadi, kalau maqom mahmudah, orang lain akan paham, oh rupanya memang harus dia.

Yang kedua, …
Allah akan bimbing pekerjaannya supaya mengawali setiap aktivitas dalam bimbingan Allah. Beda antara yang dibimbing dengan yang enggak. Anda dibimbing, masya Allah, ada jalan tiba-tiba macet dikasih solusi. Orang lain bermasalah, Anda bisa lancar-lancar saja.

Tiga, …
Diberikan solusi terbaik saat punya masalah. Dibimbing oleh Allah. Ada orang pengen naik kedudukan, promosi, dia harus keluar uang dulu, caranya nggak bagus. Anda tiba-tiba bisa langsung naik, itu indah.

Dan yang keempat, ini yang paling hebat,…
Anda akan ditolong langsung oleh Allah jika ada orang yang iseng ingin menyakiti Anda. Kadang bisnis itu kan tidak mudah. Ada yang ingin menyudutkan, menyingkirkan, menyungkurkan, persaingannya kotor, itu kan? Anda rajin tahajud, masya Allah, itu demi Allah saya katakan pertolongan Allah itu cepat.

Makanya zaman nabi, para pebisnis-pebisnis itu, itu nggak pernah ninggalin tahajud. Anda nggak percaya silakan cek ya, Utsman bin Affan RA, Abdurrahman bin Auf, Tamim ad-Dari, itu disebutkan oleh Imam An-Nawawi dalam kitab At-Tibyan. …

Kata Imam An Nawawi, Utsman itu, Abdurrahman bin Auf, Tamim ad-Dari, sahabat nabi dijamin masuk surga, hebatnya luar biasa, aktivitasnya padat, bisnisnya banyak, sampai kaya. Aset Utsman ini sampai sekarang masih ada. Saya terakhir dari Madinah itu sekarang akan jadi perhotelan. Dan itu dari dulu setiap ada keuntungan disimpen di bank saudi, yang hasilnya disedekahkan atas nama Utsman bin Affan RA.

Rahasianya apa? Setiap malam kata Imam An-Nawawi tidak pernah meninggalkan tahajud. Itu bahkan bisa tahajud sampai khatam qur’an. Itu luar biasa.

Nah, jadi kalau teman-teman bisa lakukan. Rumusnya apa? Rumusnya sebelum dikerjakan, … Keluarkan keutamaannya, tulis, tulis dulu. “Hei, kalau kamu nggak tahajud, kamu nggak akan dapetin ini. Ingin bisnisnya sukses, tahajud. Ingin dekat dengan Allah, tahajud. Anda tuliskan di samping kanan tembok Anda tidur itu.” Begitu miring ke kanan, walaupun nggak inget tahajud, kemudian Anda melihat tiba-tiba Anda bisa rencanakan itu. Tempelkan. Keluarkan.

…, termasuk saat ta’lim, misalnya kan. Sedang malas-malas, tuliskan di catatan Anda. Kamu ingin diringankan langkah ke surga, ayo semangat, semangat. Hei, kamu ingin ke surga, semangat. Hei, kamu sudah pasti surganya, nih ada peluang surga. Tuliskan. Begitu lihat, jadi.

Jadi tulis dulu, siapkan. Pasang alarm tiga kali. Alarm pertama mematikan alarm kedua, alarm kedua matikan alarm ketiga. Alarm ketiga siap-siap.

Ustadz Adi Hidayat, Lc

Demikian penjelasan tentang keutamaan sholat tahajud seperti yang telah dijelaskan oleh Ustadz Adi Hidayat dalam ceramahnya. Jadi, salah satu keutamaan sholat tahajud adalah dipermudah dalam urusan pekerjaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *