Hukum nikah siri dalam Islam

Banyak pria-pria yang melakukan nikah siri, atau punya wanita idaman lain, karena hanya hendak mempertahankan keutuhan rumah tangga istri pertama dan anak-anak, atau tidak menceraikan sementara suasana rumah tangga tidak nyaman lagi. Bagaimana Islam memandang hal ini?

Sebenarnya solusinya keliru saudaraku. Kalau Anda nikah sembunyi-sembunyi, itu keliru. Bukan begitu cara menikah dalam Islam. Akhirnya semua diikuti dengan kekhawatiran, ketakutan. Perbaikin rumah tangga anda yang retak, perbaiki, luruskan. Tidak bisa ambil sebuah keputusan, jelas Allah memang membenci cerai, tapi itu adalah solusi. Kamu tidak bisa jalankan hukum allah dengan saya silahkan kalau begitu. Kamu pilih jalan, saya pilih jalan. Kemudian Anda cari pasangan yang lain. Itu jalan keluarnya.

Tapi kalau misalnya di sini ribut punya masalah, kemudian nikah lagi, dan di sini pun dia belum tentu apakah dia sudah dapat ketenangan dengan menikah itu belum tentu. Kebanyakan orang malah ada masalah baru yang dihadapi. Orang mengahadapi satu orang pegawai dengan orang punya tiga pegawai, beda. Dia harus punya ekstra waktu, ekstra materi, ekstra perhatian, memang harus begitu. Jadi itu bukan sebuah solusi sebenarnya. Solusi adalah anda mengahdapi masalah dengan yang pertama, luruskan, baru kemudian anda melangkah, dan kalau mau menikah sampaikan apa adanya dengan cara memang memberikan pemahaman-pemahaman dulu. Tidak bisa kalau istri kita belum memahami hukum-hukum agama, belum kental imannya kepada Allah, belum berfikir masalah akhirat, lalu kita mau terapkan masalah poligami dengan dia. Sudah saya katakan, poligami adalah tingkat tertinggi, bab tertinggi dalam masalah nikah.

Orang tidak pernah sholat dhuha, nggak pernah sholat rawatib sunnah, sholat wajibnya masih senin kamis, lalu dia ada masalah anda bilang, sholat tahajud deh, mana mau dia tahajud. Tahajud tingkatan tertinggi dalam bab sholat….

Sama halnya dengan poligami. Spontanitas mau melakukan, tidak bisa gitu. Harus ada tahapannya.

Udah berhasil dalam rumah tangga pertama, saya garansi anda akan terbuka pintu poligami dengan sendirinya. Asal sukses di rumah tangga pertama, jalankan dengan benar,…
Khalid Basalamah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *