Hukum mencukur alis mata dalam Islam

Jadi lebih fokus kepada alis. Lebih fokus kepada alis. Karena umumnya kadang-kadang orang ingin mengubah wajahnya dengan cara mencukur alis itu. Maka ini dilarang oleh Nabi SAW, dan subhannallah ada penelitian dari medis Islam, yaitu beberapa penelitian diadakan di Mesir,
bulu alis mata, kapan dicabut saja, kita tidak bicara masalah tato, sampai dicukur habis kemudian digambar, dicabut satu saja itu sudah berpengaruh kepada kebutaan mata.

Jadi nabi saw tidak memerintahkan atau melarang sesuatu kecuali pasti baik buat kehidupan kita. Jadi di sini, kita harus bentrok, lawan itu. Masalah kita melihat ini cantik atau tidak, itu kan sebenarnya pandangan relatif sekali.

Mungkin kalau pakaian yang kita gunakan sekarang dipakai di Arab Saudi, mereka terasa asing, aneh, tapi bagi kita biasa-bisa saja. Mungkin sebaliknya, pakaian yang dipakai di Saudi itu kalau dipakai di Indonesia, mungkin orang Indonesia akan menganggap aneh, misal contoh.

Nah itu kan tinggal bagaimana kita membiasakan saja. Mungkin kalau di Indonesia sangat biasa gitu. Saya pada saat jalan lagi umroh pakai baju koko, tetap orang melihat, bahkan ada teman saya dari Saudi bilang, kok baju kamu seperti baju perempuan? Karena ada ukiran-ukiran bordirnya. Mereka kaget karena di sana cuma pake shaud??? warna putih. Selesai. Atau warna lain, itupun polos.

Jadi mereka anggap aneh. Tapi kan di Indonesia kita angap itu adalah sesuatu yang biasa, bahkan dengan saya pakai baju ini, orang langsung tahu ini pasti orang agama Islam, atau seorang ustadz misalnya, karena umumnya seperti itu.

Jadi sebenarnya jangan sampai terpengaruh dengan, oh kalau saya tidak kerok alis saya, saya tidak cantik. Itu ya statement dia sendiri. Sebenarnya tidak ada hubungannya dengan itu.

Allah SWT lebih tahu wajah seperti ini alisnya harus seperti apa bentuknya. Harus seberapa tebal yang dibutuhkan dan seterusnya.

Jadi, itu tergantung daripada bagaimana kita sebenarnya percay diri atas ciptaan Allah SWT pada diri kita. Ya ini kurang lebih gambarannya.

Jadi tidak perlu untuk mencukur alis itu karena berpengaruh pada kebutaan mata dan juga larangan nabi SAW. ya ini hati-hati. Allah melaknat. Apa artnya Allah melaknat? Allah akan menghilangkan berkah hidupnya. Jadi kalau misalnya orang dilaknat di makanannya, maka berarti tidak akan berguna makanan yang dia makan. Allah melaknat misalnya wanita yang meninggalkan ranjang suaminya. Berarti dia tidak akan tenang tidur walaupun dia tidur di tempat lain. Dan seterusnya. Seperti itu kurang lebih kalimat laknat. Dan ini Allah dan nabi saw melaknat orang yang mencukur alisnya.

Khalid Basalamah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *