Arti mimpi melihat orang meninggal

Apakah ketika kita bermimpi seseorang yang telah meninggal, yang ada dalam mimpi kita itu benar-benar orang yang sudah meninggal, atau itu adalah syaiton yang menyerupai mereka?

Tergantung pesannya apa. Bisa saja seseorang itu melihat, karena pernah ada sahabat melihat sahabat yang lain dalam mimpinya. Itu pernah terjadi. Ada pernah dua sahabat yang saling janji satu sama yang lain, siapa yang meninggal duluan, maka dia semestinya minta kepada Allah agar bisa datang. Artinya dia memberitahukan apa yang sedang terjadi. Maka meninggallah salah satunya. Pada saat meninggal salah satunya, maka yang meninggal ini dengan izin Allah datang dalam mimpi sahabat yang satu. Maka sahabat ini berkata, apa yang Allah berikan kepadamu? Dia bilang, alhamdulillah Allah sudah ampuni saya. Cuman, kemudian di lehernya sahabat yang meninggal itu ada seperti titik hitam. Yang masih hidup ini mengatakan, apa di lehermu itu? Dia bilang, ini sisa utang saya yang belum saya bayar. Ada uang 50 dirham yang saya harus bayar kepada Yahudi. Uang itu sudah saya letakkan, maaf, dia bilang begini dulu, dia bilang, ketahuilah setiap apapun yang terjadi di dunia, disampaikan informasinya kepada kami, sampai apapun. Sampai apapun, termasuk kucing saya, kucing kami yang baru meninggal, baru mati dua hari yang lalu. Itu diberitakan kepada saya tentang kejadian itu.

Akhirnya dia bilang ada utang saya dan saya sudah siapkan lima puluh dirham itu dirham itu di rumah saya, di bawah sebuah tempat di dekat pintu rumah saya, di bawah tanah, ditutup sama batu, angkatlah dan bayarkan utang saya.

Diapun keesok paginya, temannya ini datang ke rumahnya lalu bertanya kepada istrinya (istri laki-laki yang sudah meninggal), apakah sesuatu yang terjadi di rumah kalian? Kata istrinya, enggak ada. Dia bilang enggak ada, hanya saja kucing kami meninggal dua hari yang lalu, mati. Maka si laki-laki tidak ceritain mimpinya, dia cuma bilang, oh iya, baik, suamimum pernah punya utang nggak sama orang Yahudi? Kalau tidak salah sekitar 50 dirham. Dan uang itu dia pesan sama saya kalau uang itu ada di dekat pintu, di bawah tanah, ditutup batu. Coba lihat.

Waktu dibuka, ternyata betul ada kantong tersebut dan jumlahnya betul 50 dirham, lalu dibayarlah utang tersebut.

Jadi bisa saja ada orang yang datang dalam mimpi. Mungkin. Wallahu a’lam. Itu dengan hikmah Allah SWT. Tapi di sini ulama mengatakan tergantung pesannya. Kalau pesan-pesannya baik, positif, maka itu baik-baik saja, seperti tadi kasus sahabat ini. Maka itu boleh saja dari Allah SWT mengizinkan. Tapi kalau pesannya disuruh buat kesyirikan, buat kemaksiatan, ini semua tidak benar, pasti dari syaiton.

Khalid Basalamah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *