Apakah sholat sudah diperintahkan kepada para nabi sebelum Nabi Muhammad?

Tentu sudah ada ibadah sholat. Ibadah sholat itu bukan ibadah yang baru. Seperti juga kalimat lailahailallah, ibadah sholat, ada juga ibadah puasa. Tetapi apakah mereka juga memiliki lima waktu sholat? Wawlohu alam.

Istilah sholat ashar memang disebutkan dalam hadits Bukhari, kalau Sulaiman AS pernah lupa atau kelewat waktu sholat ashar karena lagi asyik bermain dengan budak-budak kesayangannya, lalu Sulaiman AS bertobat kepada Allah SWT dengan cara menyembelih semua kuda-kudanya itu di jalan Allah, diniatkan untuk Allah SWT. Jaid, semenjak itu beliau tidak bermain lagi dengan budak-budak kesayangannya.

Memang pernah disebutkan tentang masalah itu. Tapi apakah di zaman Sulaiman AS sholat juga 5 waktu? wawlohi alam. Karena kalau riwayat shohih menjelaskan, pertama diberikan kepada Nabi SAW 50 waktu sholat, lalu Musa meminta agar diringankan. Berarti Musa AS tau kalau sholat diperintahkan 50 kali, 50 waktu.

Maka dia minta agar diringankan dan Musa AS tidak tahu kalau akhirnya menjadi 5. Karena setelah kembali pun sempat bertanya Musa AS kepada Nabi Muhammad SAW, berapa? Kata Nabi Muhammad SAW empat puluh lima, diringankan 5 saja. Kata Musa kembali minta keringanan, terus diringankan 5 5 5 sampai sisa lima. Hadits ini juga menjelaskan kepada kita kalau sebenarnya Musa AS pun tidak seperti itu sholatnya.

Dia pun bukan berharap lima. Karena dia sempat berkata waktu Nabi SAW sudah kembali dari langit, langit ke tujuh dan Musa masih bertanya berapa hai Muhammad, kata Nabi SAW lima waktu sholat. Kata Musa minta lagi keringanan kepada Tuhanmu. Suruh minta keringanan lagi. Kata Nabi SAW, saya sudah malu dengan Allah, sudah cukup, gitu kan. Maka terdengarlah suara dari langit, Allah mengatakan ini adalah lima waktu sholat, tapi pahalanya saya berikan untuk umatmu lima puluh waktu sholat, karena setiap pahala dilipatgandakan sepuluh kali lipat. Allahu alam.

Ustadz Khalid Basalamah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *