Apa perbedaan masjid dan mushola?

Secara bahasa, masjid dengan mushola berbeda. Perbedaan pertama, bahkan disebutkan di quran dengan konteks yang berbeda. Mushola pertama kali disebutkan di quran surah kedua, al baqoroh ayat 125, posisi paling kanan di pertengahan…

Sedangkan masjid pertama kali disebutkan di quran surah ke-2 ayat 114, posisi paling kiri di pertengahan. Tapi fungsinya disebutkan di quran surah 9 ayat 18. Apa itu mushola? Singkatnya tempat sholat. Setiap tempat yang digunakan untuk sholat, itu mushola. Dan di masjid bisa ada mushola, sepanjang ruangannya khusus digunakan untuk sholat. Itu ruangan khususnya mushola. Bukankah ini bangunan untuk masjid? Tapi di belakang ada sekretariatnya….
,,,
Di masjidil haram, itu masjid, banyak ruangannya. Tapi ketika Allah mengatakan, ambil sebaian tempat dekat maqom Ibrahim sebagai tempat sholat.
wattakhidu mim maqomi ibrahimmam mushola

Jadi, di dalam masjidil haram ada mushola, tempat untuk sholat. Jadi, kalau yang dimaksudkan masuk masjid, dengan konteks tempat sholat di dalamnya, satu kesatuan, maka hukum doanya sama dengan bacaan doa biasa.

allahumatakhfli muaba rahmatik (doan masuk masjid)
Ya Allah mohon bukakan padaku pintu-pintu rahmat-Mu

Ini bagian pertama.

Yang kedua, masjid bisa lebih umum fungsinya, bisa digunakan bukan untuk sholat. Bisa digunakan untuk tempat bertransaksi zakat. Menerima dan mendistribusikan zakat, di ruangan yang berbeda. Yang kali mesti ada kalau sudah jadi masjid, ada pengawasnya, ada pakarnya, memberikan hukumnya. Jadi ketika pasang kotak tuh ketahuan, ini kotak zakat, ini kotak infaq. Awas jangan nyambung. Begitu nyambung nanti bagaimana cara anda membedakan seseorang itu ngasih zakat atau infaq, atau bahkan shodaqoh. Lain.

Ada tempat taklimnya. Ada. Yang mengingatkan dengan Allah SWT. Itu dipecahkan.

Nah, kalau yang dimaksudkan tempat sepert…

Ustadz Adi Hidayat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *