Apa hukum sholat ketika adzan?

Apakah ada hadits tidak boleh melakukan sholat ketika adzan? Setahu saya tidak ada. Hanya saja memang ada hadits yang berbunyi kalau muadzin sedang mengumandangkan, maka ucapkanlah seperti yang diucapkan. Karena memang kita disuruh oleh Nabi SAW ucapkan misalnya Allahu akbar allahu akbar, kita mengatakan allahu akbar allahu akbar…

Kita ucapkan, maka kalau kita sholat kan kita enggak bisa ikutin itu. Makanya sebagian ulama mengatakan beranjak daripada hadits ini, lebih baik seseorang nunggu sampai adzan selesai. Tapi ini bukan larangan ya, ini cuma himbauan. Boleh antum masuk masjid antum sholat, boleh. Dan boleh kata ulama kalau selesai antum salam, muadzinnya juga sudah selesai, baru antum mengtakan, allahu akbar allahu akbar …
seperti antum niatkan menjawab muadzin tadi, padahal antum sudah salam, muadzin juga sudah selesai. Karena tadi kita terhalang dengan sholat.

Atau mungkin kasus lain antum masuk masjid, antum lagi sholat tahyat masjid, tiba-tiba adzan. Selesai antum sholat dua rakaat, adzannya sudah selesai. Kita nda sempat ucapkan apa yang diucapkan muadzin. Boleh setelah salam. Kata sebagian ulama, kita baru mengulangi muadzin itu, untuk mendapatkan fadhilah hadits.

Tapi tidak ada larangan khusus untuk sholat pada saat adzan. Cuman memang himbauannya seperti tadi, lebih afdhol mengikuti apa yang diucapkan oleh muadzin.

Ustadz Khalid Basalamah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *